Pages

Friday, January 8, 2016

Wisata Kuliner Recommended Yogyakarta

1. Angkringan Lik Man
Angkringan bukanlah istilah asing di Kota Pelajar ini. Angkringan tak hanya menjadi tempat kuliner rakyat yang murah meriah, namun juga menjadi sebuah budaya. Di angkringan, masyarakat bisa berkumpul dan berbincang tentang apa saja, mulai dari sepak bola sampai berita politik terhangat. Angkringan dapat dengan mudah Anda temui di Yogyakarta, namun ada satu angringan yang istimewa yaitu Angkringan Lik Man.
Apa istimewanya Angkringan Lik Man? Angkringan Lik Man merupakan angkringan pertama di Yogyakarta sejak tahun 1969. Menu yang disajikan pun sama dengan angkringan pada umumnya seperti sego (nasi) kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan. Tapi ada yang satu sajian yang berbeda, yaitu Kopi Joss.
Kopi Joss merupakan menu andalan di tempat wisata kuliner ini. Cara penyajian kopi ini sangat unik karena kopi akan dicampur dengan arang yang masih merah membara. Bunyi ‘jooossss’ yang ditimbulkannya inilah yang membuatnya disebut dengan Kopi Joss. Kopi Joss memiliki rasa unik yang khas dan tak dimiliki kopi lainnya. Konon, arang yang dicelupkan ke dalam kopi akan menetralisir kafein sehingga kopi ini aman untuk pencernaan Anda.
Angkringan Lik Man merupakan salah satu tempat wisata kuliner terbaik untuk menikmati Yogyakarta di malam hari. Hanya dengan merogoh kocek sebesar 10.000 – 15.000 Rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati Kopi Joss dan nasi kucing dilengkapi dengan lauk sederhana yang tak kalah nikmat.
Alamat: Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta
Jam buka: 18:00 – habis.
2. Gudeg Pawon
Gudeg Pawon berdiri ada semenjak tahun 1952. Nama Pawon sendiri sebenarnya diambil dari bahasa jawa dari kata “Dapur”, juga karena menu gudeg yang disajikan langsung dari dapur, tempat dimana gudegnya dimasak. Gudeg Pawon menganut langgam gudeg kering. Tekstur  gudegnya berwarna coklat kemerahan yang berasal dari areh (santan kental yang sudah dibumbui).
Tersedia juga menu pelengkap seperti ayam, telur, tahu, dan sambal goreng krecek. Anda harus bersabar sedikit karena peminat Gudeg Pawon ini sangat banyak karena sudah cukup terkenal di Yogyakarta. Yang perlu dicatat karena warung ini buka setiap hari pada pukul 23.30 hingga pukul 5 pagi. Tipsnya datang sebelum pukul 23.00 karena anda harus antri karena saking banyaknya pengunjung.


Alamat Gudeg Pawon
Gudeg Pawon I
Jl. Dr. Soepomo, Yogyakarta


Gudeg Pawon II
Jl. Janturan, Yogyakarta



3. Sate Klathak
Sate Klathak adalah sate kambing khas Yogyakarta yang diolah dengan cara unik. Daging kambing yang telah dipotong-potong kecil ditusuk menggunakan jeruji besi sepeda, bukan batang bambu seperti sate pada umumnya. Penggunaan jeruji besi sepeda ini bukan tanpa alasan. Besi merupakan penghantar panas yang baik, sehingga ketika dibakar daging kambing bisa matang dengan sempurna sampai bagian dalamnya.
Bumbu yang digunakan sangat minimalis. Daging kambing hanya dibumbui garam dan merica. Ketika daging berada di atas bara api, akan terdengar letupan-letupan kecil “klatak, klatak”.  Konon dari sinilah asal mula nama Sate Klathak. Diambil dari suara letupan khas yang timbul ketika sate dibakar.
Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kuliner khas Yogyakarta ini adalah Warung Sate Klathak Pak Pong yang berlokasi di Kabupaten Bantul, selatan Kota Yogyakarta. Kurang lebih 25 menit perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta. Warungnya cukup luas dan nyaman, dengan tempat parkir memadai. Di depan warung terdapat dapur terbuka dimana semua kegiatan memasak berlangsung. Ini bisa menjadi pemandangan menarik bagi pengunjung sembari menanti pesanan datang.



4. House of Raminten
House of Raminten adalah sebuah restoran dengan atmosfer Jawa yang sangat kental. Makanan yang disajikan di restoran sangat tradisional, mulai dari nasi goreng sampai yang paling khas yaitu nasi kucing (sego kucing).
House of Raminten mengusung tema yang sederhana baik dari makanan maupun tempatnya. Restoran ini memiliki atmosfer dan penataan tempat yang unik. Barang-barang yang menghiasinya juga sangat klasik namun tetap terawat. Hal tersebut adalah salah satu daya tarik dari House of Raminten.
Menu Unggulan
•Sego Kucing (Nasi Kucing) : Paling banyak digemari Menu Jumbo karena bisa untuk 2 sampai 3 orang
•Ayam Koteka
•Sego Gudeg (Nasi Gudeg)
Harga
•Sego Kucing: Rp. 3.000,-
•Es Kacang Abang: Rp. 8.000,-
•Ayam Koteka: Rp. 11.000,-
•Es Krim Goreng: Rp. 15.000,-
•Jus: Rp. 8.000 - Rp. 11.000
•Susu: Rp. 4.000 - Rp. 8.000
•Wedang: Rp. 3.000 - Rp. 4.000
•Sego Goreng (Nasi Goreng): Rp. 11.000 - Rp. 13.000
•Makanan Lain (Snack): Rp. 5.000 - Rp. 15.000


Jalan FM. Noto No. 7, Kotabaru Yogyakarta
 telp: (0274) 547315



5. Kali Milk Yogyakarta
Are You Neneners? Yes Iam!
Hehe, jangan ngeres dulu ya. Neneners disini ditujukan buat kalian yang pada doyan sama yang namanya susu sapi, nah tagline neneners itu juga yang coba dibuat oleh kalimilk untuk mengenalkan spotters asik di Jogja dengan sebuah konsep tempat nongkrong sehat yang asik untuk kamu kunjungi.
Kalimilk, sebuah tempat nongkrong sehat yang coba menawarkan konsep berbeda dengan tempat nongkrong atau kafe lainnya di Jogja. Coba kamu bayangin kalau dikafe-kafe lain pastinya kamu nemuin menu utamanya berupa kopi atau minuman-minuman sejenis cocktail sebagai teman nongkrong, nah kalau di Kalimilk ini mereka membuat minuman susu sebagai menu utamanya. Itu kenapa kami rekomendasikan kalau disini bisa jadi tempat tongkrongan sehat buat kamu. Ada beragam menu minuman susu yang bisa kamu nikmati disini, mulai dari rasa strawberry sampai mocca semuanya ada, kamu juga bisa memesan susu panas atau dingin sesuai dengan selera kamu.

0 comments:

Post a Comment