Pages

Wednesday, January 6, 2016

Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi di Yogyakarta

Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi di Yogyakarta

1. Kali Biru

Wisata ini bisa dibilang baru nge-hits di Jogja. Berlokasi di Kalibiru, Kulon Progo yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota. Harga tiket masuk cukup terjangkau, yaitu hanya Rp. 10.000/pax tapi dari pintu masuk kita harus berjalan kaki sekitar 500 meter menuju puncak.


2. Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta merupakan tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono 1. Sekarang, Istana Air Taman Sari merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta yang telah menjadi tempat wisata populer di kota ini. Harga tiket masuk ke Istana Air Tamansari cukup terjangkau, untuk sekali masuk dikenakan tiket Rp. 5000,-. Taman sari terletak di Jl. Taman, berdekatan dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.


3. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro ini menjadi salah satu pilihan favorit para penikmat perjalanan untuk menghabiskan waktu di Jogja. Di sepankang jalan Malioboro ini anda dapat berbelanja dan mendapatkan barang-barang unik khas Jogja. Jika suka, Anda dapat menyusuri toko-toko di pasar beringharjo saat siang hari.


4. Goa Pindul

Goa ini terletak di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, hanya dibutuhkan sekitar 45 menit perjalanan sampai menuju Goa Pindul ini. Aktivitas yang bisa dilakukan disini yaitu Cave Tubing, yaitu menyusuri goa selama kurang lebih 15 menit. Harga untuk menjelajah goa ini yaitu Rp 35.000 sudah termasuk life jakcet, ban pelampung, dan guide. Tapi hati-hati banyak loket tiket palsu sepanjang jalan menuju goa, lebih baik teruskan perjalanan sampai tempat parkir yang berada di depan loket tiket. Waktu yang cocok untuk ke Goa Pindul ini yaitu saat low season, karena saat liburan atau high season, goa ini akan dipenuhi manusia, alhasil kita tidak bisa menikmatinya :)


5. Candi Prambanan

Inilah candi Hindu terbesar di kawasan Asia Tenggara, berketinggian 47 meter dan telah dinyatakan sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO. Inilah pula candi Hindu paling megah yang ada di Indonesia. Candi Prambanan ini terletak di perbatasan antara 2 provinsi, yakni Jogjakarta dan Jawa Tengah. Objek wisata Jogja ini memiliki panorama yang memikat apalagi ketika matahari mulai tenggelam, saat itulah waktu paling tepat untuk mengabadikan momen disini. Dari dekat, Anda dapat menyaksikan pemandangan arsitektur dan desain candi yang begitu indah.  


6. Gunung Merapi

Setelah meletusnya Gunung Merapi, gunung ini mulai dikenal oleh wisatawan. Bukan hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga hasil letusannya yang meluluhlantakan daerah sekitarnya sehingga banyak orang yang penasaran bagaimana keganasan Gunung Merapi ini. Sekarang, banyak sekali tour travel yang menyediakan tour ke Merapi ini, biasanya harganya sekitar Rp 350.000/jeep dan 1 jeep bisa diisi oleh 3-4 orang. Tour ini lamanya sekitar 1,5 jam, mengelilingi Gunung Merapi dan singgah di bekas-bekas rumah yang menjadi korban letusan Gunung Merapi, bahkan pada paket tertentu kita bisa diajak ke rumah Mbah Maridjan yang dulunya disebut-sebut menjadi kuncen gunung tersebut


7. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah contoh terbaik karya arsitektur tradisional Jawa yang paling menarik. Keraton ini selesai dibangun pada tahun 1790. Inilah pusat kegiatan kesultanan di Jogja. Sultan Yogya adalah gubernur di provinsi Yogyakarta, sekaligus pula adalah kepala budaya di Jogja yang dihormati dan dicintai oleh seluruh masyarakat Jogja.
Berjalan-jalan di sekitar istana dan menelusuri setiap detail kecil di kompleks kerajaan adalah cara terbaik menikmati salah satu tempat wisata di Jogja ini. Salah satu bangunan yang paling mengesankan di Keraton Yogyakarta adalah Bangsal Kencono, yakni sebuah “paviliun bertahtakan emas”. Bangunan megah ini merupakan contoh kesenian Jawa yang mencerminkan keragaman agama dan budaya daerah. Anda tidak akan menemukan penjaga militer di dalam kompleks keraton ini karena diyakini wilayah keraton dilindungi oleh kekuatan makhluk halus.


8. Kota Gede

Di sinilah tempat Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram baru mendirikan istananya pada tahun 1575. Dari garis keturunannya, Panembahan Senopati adalah keturunan langsung dari penguasa Mataram kuno yang membangun Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Kotagede adalah tempat wisata di Jogja yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati wisata dengan berjalan kaki. Di daerah ini, Anda dapat menjumpai toko-toko perak tradisional dan rumah berubin mosaik berjajar di tepi jalan, dahulu rumah-rumah ini merupakan rumah para bangsawan dan pedagang kerajaan. Anda dapat melihat-lihat dan membeli kerajinan perak buatan tangan yang menarik dari tempat ini. Saat ini, kawasan Kotagede adalah pusat industri perak di Yogyakarta. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi sebuah situs kuno yang merupakan tempat pemakaman anggota kerajaan di Kotagede ini. Hanya saja, Anda harus memakai pakaian Jawa yang dapat disewa di pos pendaftaran sebab makam raja-raja Mataram yang ada di tempat ini dianggap suci.


9. Taman Pintar

Berada di pusat kota Jogja, Taman Pintar Yogyakarta adalah sebuah  laboratorium dengan kemasan rekreasi yang sangat bermanfaat bagi para pelajar. Inilah tempat di mana para siswa dapat secara bebas dan leluasa mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung. Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum tidak terkecuali bagi rombongan pelajar. Tersedia berbagai fasilitas penunjang, diantaranya adalah food court, ruang audiovisual, area bermain (playground), dan ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall).


10. Pantai Baron

Pantai yang berjarak sekitar 65 km dari pusat kota Yogyakarta ini memiliki pesona panorama yang indah dan adalah tempat bagi Anda yang ingin menyantap aneka hidangan laut. Pantai Baron ini sesungguhnya adalah sebuah teluk dengan keberadaan dua buah bukit yang mengapitnya di sisi kiri dan kanannya.

0 comments:

Post a Comment